.comment-link {margin-left:.6em;}

Ikatan Cendikiawan Patah Hati

One for All... All for One!

Dilbert Pearls Before Swine

Tuesday, August 23

Apes: Takdir atau Kecelakaan?

Di tempat gue tinggal ada sebuah kepercayaan bahwa kalo kita kejatuhan daun kering dari pohonnya, kita akan tertimpa musibah, entah kecil atau besar. Sebagai orang yang beragama (walaupun belum tentu beriman hehe) dan pernah sekolah, gue gak pernah sedikitpun percaya hal-hal kaya gini.
Pagi tadi waktu gue berangkat kerja, di tengah jalan, gue kejatuhan daun kering. Tiba-tiba gue teringat mitos tadi. Hm...sejenak gue mikir, apa yang bakal terjadi beberapa saat lagi?
Lima belas menit kemudian gue nyampe di perempatan Carrefour Lebak Bulus, padat, berjubel. Ratusan motor dan mobil berebut untuk saling menduhului. Sepuluh meter di depan lampu merah, tiba-tiba jari kaki gue seperti ditancep pisau, jepp, kaget, sakit bukan main. Ternyata, ada motor RX-King di belakang gue yang nge-rem mendadak, sepertinya salah satu "tonjolon" - baud kali ye, nancep ke jari kaki gue. Gue liat darah segar mengalir dari jari gue - jari gue gompel.
Gue emang gak pake sepatu, cuman pake sendal jepit doank. Sepatu gue tinggal di kantor. Pagi-pagi tadi, waktu gue nyiapin motor, ada keinginan pake sepatu yang lainnya. Gue sempet ragu-ragu. Akhirnya gue putusin tetep pake sendal, soalnya kalo pas shalat ribet kan.

Mungkinkah Tuhan mengingatkan gue akan musibah ini dengan dua hal tadi?

4 Comments:

Blogger kutubusuk said...

menurut pendapat gue, insiden#2 tetap mungkin terjadi walau sebelumnya tidak terjadi insiden#1. shit happens :)

perbedaan yang terjadi dengan ada atau tidaknya insiden#1 adalah ekspektasi akan terjadinya kejadian sejenis insiden#2. tanpa adanya insiden#1, insiden#2 adalah satu kesialan yang terjadi begitu saja, sementara dengan adanya insiden#1, maka kejadian insiden#2 diposisikan sejajar dalam rantai sebab-akibat dengan insiden#1.

jika ditelaah kembali, pemposisian tsb dilakukan semata karena "kepercayaan".

pertanyaan di baris terakhir hanya bisa dijawab oleh satu studi ilmiah ;D

8/24/2005 12:59:00 AM  
Blogger nandipinto said...

hehe, ternyata pancingan gue berhasil.
I totally I agree ama pendapat Bung Aip.

Sebenernya yang pengen gue ungkapkan adalah, bahwa sering kali kita seperti mendapat "bisikan" (a hunch?), untuk atau tidak melakukan sesuatu. Gue cenderung menyebut kejadian ini "Kejadian 0 (Nol)".

8/24/2005 06:29:00 AM  
Blogger nuuul said...

jalan nya sambil bengong sih. biar kate ntu daon kaga jatoh, tetep aja ketabrak.

8/26/2005 04:37:00 AM  
Anonymous Anonymous said...

bengongnya karena mikirin daun? :)

8/27/2005 05:47:00 AM  

Post a Comment

Links to this post:

Create a Link

<< Home